NEWS LETTER SVARGA

SVARGA TEACHERS STORY

IVAN Vramuditha

Pertama training di svarga saya diberikan sebuah program, yaitu program spine corector yang merupakan gerakan gabungan antara yoga dan pilates. Satu hal yang membuat saya kagum adalah setelah training, saya mendapatkan benefit yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh saya sendiri karena sebelum di Svarga tubuh saya memiliki postur kifosis atau umumnya disebut bungkuk dan setelah training selesai saya menjadi tegak.

Selain itu sewaktu ertama training saya juga merasa bingung karena berada di dunia dan hal yang baru tetapi hal ini sangat menantang dan jujur membuat saya penasaran, setelah dijalani jadi mengetahui cara berdiri, bernafas, berjalan dengan benar, juga menguatkan otot dengan menghubungkan pikiran kita.

Svarga memberikan banyak hal kepada saya seiring saya terus belajar dan menekuni ilmu-ilmu yang ada, seperti pilates contohnya. Saya menjadi bisa menyembuhkan orang lain sekaligus tubuh saya sendiri.

NENENG Sasmita

Selama 15 tahun mengajar sebagai teacher Pilates, tentu saja banyak suka dan dukanya. Sukanya, saya bisa sharing ilmu pilates baik di forum sesama teacher ataupun untuk orang-orang yang memerlukan seperti klien-klien Svarga. Selain itu bisa membantu klien untuk menyembuhkan keterbatasan fisik atau rasa nyeri yang dimiliki juga membantu mereka untuk dapat bergerak dengan maksimal.

Dukanya adalah apabila terjadi kejenuhan. Tentu saja, seperti rutinitas dan kegiatan sehari-hari yang dilakukan secara terus menerus, wajar apabila manusia mengalami rasa jenuh. Biasanya saya selalu mensiasati dengan keluar dari rutinitas, seperti refreshing dalam bentuk tamasya, hiking, ataupun touring, sehingga saya akan selalu siap untuk kembali beraktivitas.

Mengapa pilates? Selain karena hal-hal yang sudah disebutkan di atas, saya sendiri merasakan benefit dari pilates yang luar biasa. Mungkin untuk orang-orang terdekat saya, mereka akan tahu bahwa saya memiliki cedera, dimana syaraf saya ada yang terjepit. Berkat pilates, saya yang tadinya untuk berjalan saja sulit, bisa kembali beraktivitas, bahkan melakukan olahraga yang cukup intens.

GINA Sefrila

Gina sefrila (senior teacher di svarga) awalnya tidak mengenal Yoga, dan AntiGravity Yoga atau biasa disebut AGY. Namun setelah merasakan manfaatnya, Yoga seperti, breathing, relaxing, membuang energi negatif, dan menguatkan serta melenturkan badan sehingga membuat postur menjadi lebih baik. Juga dalam AGY manfaat seperti, decompression, bersenang-senang ketika melakukan olahraga atau membuang energi negatif sehingga membuat lebih percaya diri, stretching tulang sendi, dan masih banyak lagi.

Background Gina di olahraga sudah cukup panjang, dimulai dari sejak bangku sekolah, Gina sudah sering melakukan olahraga seperti berenang, basket, dance, dan iceskating, sehingga sebenarnya konsep berolahraga bagi Gina sendiri tidaklah asing. Namun Gina sendiri mengakui, bahwa dengan mengikuti Yoga dan AGY, dua manfaat besar yang paling ia rasakan adalah postur tubuh menjadi tegak, dan lebih percaya diri.

Menurut Gina juga, ada perbedaan besar antara design dan mengajar Yoga/AGY, yaitu di bertemu dengan orang. Pekerjaan design tidak menuntut untuk bertemu orang, sedangkan mengajar dituntut untuk bertemu dengan orang. Walaupun ada kesamaan juga antara keduanya, yaitu sama-sama dituntut untuk fokus.

Kesehatan & Olahraga

 

Pentingnya Posture Pada Belajar Anak

Apabila anak sampai memiliki postur yang buruk, maka ia tidak akan dapat memperbaikinya sendiri. Harus ada campur tangan dari kita sebagai orang tua untuk membantu memperbaikinya. Cara mempebaiki yang paling baik adalah dengan fokus pada produktivitas anak.

Ketika anak melakukan sebuah kegiatan / produktif, orang tua dapat melihat apakah anak dapat memelihara alignment tubuh dengan baik atau tidak, apakah selalu seimbang dalam melakukan kegiatan atau tidak, karena postur sendiri merupakan mekanisme tubuh untuk mempertahankan diri agar tidak jatuh dan selalu seimbang dalam melakukan kegiatan. Selain itu dapat berinteraksi dengan lingkungan secara fisik dengan baik, juga memiliki kekuatan otot yang baik.

Tahukah anda apabila kontrol pada postural tubuh anak baik bahwa anak akan dapat bergerak dengan cepat dan baik karena menggunakan otot-otot tubuhnya dengan efektif dan efisien?

Komponen motorik halus, motorik kasar, dan sensorik harus sangat diperhatikan ketika membimbing anak untuk meningkatkan produktivitas belajar. Bagaimanakah caranya? Mungkin cara yang paling mudah adalah dengan langsung diperiksakan atau melakukan kunjungan kepada ahlinya dan meminta saran. Bisa juga apabila orang tua sudah cukup paham, bisa dibuat terapi dengan konsep bermain.

Terapi yang dilakukan akan berfokus pada komponen-komponen kontak mata, kontak postural, keseimbangan, kekuatan otot, dan syaraf propioseptif.

Oleh : Aditya Andaya L

Makanan Mempengaruhi Imun Tubuh

Tahukah anda? Bahwa makanan yang anda makan akan mempengaruhi imun tubuh? Asupan makanan yang kurang bagus akan mempengaruhi produksi darah putih yang berfungsi untuk meningkatkan imun.

Makanan yang baik untuk tubuh :

  1. Protein
  2. Vitamin C (max 500mg /hari)
  3. Vitamin D (berjemur disinar matahari pagi)
  4. Zink (kerang2an,)
  5. Omega 3 (ikan dan tumbuhan)

Jenis makanan yang tidak baik :

  1. Makanan yang terlalu banyak proses dalam penyajiannya. (Makanan siap saji)
  2. Porsi nutrisi yang tidak seimbang

Makanan yang disarankan untuk lansia, karena seperti yang telah sering dikatakan, usia lansia lebih rentan terhadap virus yang sedang beredar sekarang ini, adalah sebagai berikut :

  1. Makanan dengan gizi seimbang
  2. Mengandung protein yang cukup
  3. Mengandung karbo yang cukup
  4. Sayur dan buah

Pola makan untuk menjaga imun system :

  1. Pola makan sehat dengan menyeimbangkan nutrisi, protein, karbohidrat, vitamin, dan lemak baik.
  2. Makanlah sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan untuk menjaga berat badan tetap seimbang dengan cara makan dengan tenang / santai, jadi akan merasakan kepuasan dalam makan dan happy)
  3. Sedangkan untuk porsi bisa disesuaikan dengan jenis kelamin dan tergantung aktivitas keseharian yang kita lakukan.

Penambahan nutrisi untuk menambah imun system bisa berupa protein, vitamin D, zink, dan omega 3. Penambahan nutrisi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Oleh : Wendy Nugraha

Penyebab dan Akibat Anak Sulit Belajar

Anda yang sudah menjadi orang tua menyadari bahwa anaknya memiliki kecenderungan untuk sulit belajar?

Sulit konsentrasi, bisa fokus tetapi tidak mengerti apa yang diterangkan, sulit berhitung abstrak, mudah teralihkan merupakan beberapa tanda yang jelas apabila anak anda mengalami kesulitan dalam belajar. Biasanya hal ini terjadi karena faktor internal, yang merupakan visual, auditori, proprioseptif, postur, dan intelektual anak. Dapat juga terjadi karena faktor eksternal berupa lingkungan, cara belajar dan mengajar anak, dan pola asuh.

Apakah Svarnatics dapat mulai mengidentifikasi penyebab dan akibat dari kesulitan belajar si kecil?

Apabila anda mengalami masalah, bisa mencari bantuan / konsultasi ke psikolog, dokter anak, atau bahkan fisioterapis, karena belajar anak berkaitan erat juga dengan sensorik dan motorik.

Sederhananya, pedoman belajar anak dapat dikerucutkan menjadi 3 hal, yaitu :

  1. Bermain
  2. Aktifitas yang berulang-ulang
  3. Memberikan penghargaan / rewards

 Oleh : Aditya Andaya L

Pilates Untuk Ibu Hamil

Garuda merupakan generasi baru dari Pilates. Garuda sendiri merupakan campuran dari Pilates, Yoga, dan Dance, sehingga gerakan-gerakan di Garuda flowing dan penuh dengan variasi.

Program Garuda Pregnancy dan Post natal di Svarga sangatlah aman, sehingga bisa dilakukan oleh ibu hamil di usia kehamilan berapapun, karena programnya sudah dirancang sedemikian rupa supaya tepat dan bisa dilakukan oleh semua ibu hamil.

Adapun kurang lebih program Garuda Pregnancy dan Post Natal yang akan dilakukan adalah :

  1. Breathing
  2. Stretching
  3. Strengthening
  4. Savasana / Relaksasi

Melalui program Garuda di atas, anda akan mendapatkan manfaat :

  1. Dapat menghilangkan rasa pegal / sakit di punggung, bahu, dan pinggang. Karena selama hamil akan terjadi perubahan pada postur, sehingga biasanya menimbulkan rasa pegal atau sakit).
  2. Membantu memperlancar persalinan
  3. Mengurangi rasa cemas selama kehamilan dan membuat lebih rileks.
  4. Tidak ada kontraindikasi

Khusus untuk post natal, disarankan untuk mengambil program 2 minggu setelah melahirkan baik normal maupun caesar. Mengapa harus berolahraga dengan Garuda Post Natal setelah melahirkan? Karena program Garuda Post Natal dapat membantu penyembuhan dan pengembalian tubuh seperti sediakala paska melahirkan, menghilangkan sakit badan seperti sakit bahu, pinggang, punggung, dsb, dan untuk mempersiapkan badan untuk olahraga yang lebih lanjut.

Selain itu, program Post Natal akan membantu mengatasi segala mood swing yang diakibatkan oleh hormonal. Tunggu apa lagi? Yuk daftar! Happy Mom, Happy Baby!

Oleh : Stephanie Lauw

×